Thursday, June 14, 2012

KONSEP Rumah Hemat Energi

Posted by Jhon Frie. Category:





"Efisiensi energi yang ideal pada rumah (bangunan) tetap memiliki lingkungan terbaik untuk hidup dan meminimalkan konsumsi dan pemborosan energi." Dennis Crook, 2006

Apa itu Hemat Energi ? 
Hemat Energi atau efisiensi energi adalah energi minimum yang dibutuhkan untuk memanaskan dan mendinginkan interior bangunan dengan fitur tambahan untuk membuat ruang ini sehat dan nyaman untuk dihuni manusia.

Dengan mengembangkan konsep 'Green House' kita bisa mengurangi pemborosan energi, kita dapat mencegah pemanasan global. 'Konsep Green Arsitektur' mampu menekan penggunaan listrik secara signifikan dengan kenyamanan yang jauh lebih baik.


ada banyak aspek yang diperhatikan untuk menghemat energi

Untuk iklim tropis seperti Indonesia  Misalnya, untuk dinding, menggunakan bahan batu mungkin lebih cocok karena di sini matahari bersinar sepanjang tahun. Jadi cenderung banyak panas. selanjutnya  tata letak dan ventilasi. juga harus diperhatikan untuk memaksimalkan  udara dan pencahayaan alami.

Energi matahari yang melimpah dimanfaatkan untuk menciptakan kemandirian energi di rumah. Salah satunya, dengan aspek desain yang menempatkan solar panel di sisi rumah yang menghadap barat yang mendapatkan sinar matahari paling tinggi dan lama. Selain penggunaan energi, juga dapat mengurangi panas merambat di dinding rumah, dan mengurangi penggunaan pendingin udara. 

Penanaman pohon disekitar rumah jga mengurangi konsumsi energi. Semakin banyak pohon di sekitar rumah semakin berkurang intensitas panas. selain merupakan kenyamanan thermal atau panas juga terdapat aspek visualnya.

Selanjutnya untuk penghematan energi adalah  pada peralatan rumah seperti lampu, lampu pijar sudah tidak efektif lagi karena membuang 90% dari energi mereka dan hanya menghasilkan panas bukan pada pencahayaan.Compact Flourescent Lamp (lampu neon hemat energi) adalah solusi untuk pencahayaan buatan di rumah karena menghasilkan energi 75% lebih hemat daripada lampu pijar tradisional,

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►