Wednesday, December 09, 2009

Asal besi

Posted by Jhon Frie. Category:




لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ
 بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ
Artinya: Sesungguhnya kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi meanusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.(Q.S Al- Haddid 25)

Berdasarkan kata wa- anzalna yang maknanya dan kami ciptakan . arti kata anzalna sebenarnya adalah kami turunkan. Akar kata anzalna berasal dari kata anzala – yunzilu yang bermakna menurunkan. Maka sebagian mufassir menafsirkan bahwa perkataan kami menurunkan untuk menerangkan bahwasanya besi ini dikaruniakan oleh Allah untuk memberikan manfaat kepada manusia. Akan tetapi melihst makna sebenarnya perkataan tersebut yaitu diturunkan (secara fisik dari langit) , dapat diambil suatu informasi sangat berharga tentang darimana sesungguhnya besi itu berasal. Menggunakan pengertian terakhir, terlihat bahwa besi itu mertupakan materi yang berasal dari luar bumi.

Al – Qurthuby menukilkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Umar RA bahwasanya Rasulullah telah bersabda: Sesungguhnya Allah telah menurunkan empat barakah dari langit kebumi: besi,api,air dan garam.

Dalam pencernaan sains dan kimia,seorang astronomi modern telah mengungkapkan bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang – bintang raksasa di angkasa luar . untuk menyatukan electron dan neutron dalam besi dibutuhkan kekuatan setara empat kali kekuatan yang ada pada matahari. Jadi mustahil jika besi tercipta dibumi.sehingga besi merupakan unsur asing yang datang kebumi. Logam berat di alam semesta dibuat dan dihasilkan dalam inti bintang-bintang raksasa. Akan tetapi sistem tata surya kita tidak memiliki struktur yang cocok untuk menghasilkan besi secara mandiri. Besi hanya dapat dibuat dan dihasilkan dalam bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari, yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat.ketika jumlah besi telah melampaui batas tertentu,dalam sebuah bintang, bintang tersebut tidak mampu lagi menanggungnya,dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut”nova” atau ”supernova”. Akibat dari ledakan ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan mereka bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa. Kesemua yang diterangkan tadi menerangkan bahwa besi tidakberasal dari bumi, tetapi berasal datri bintang-bintang yang meledak diangkasa.

Seorang ilmuan terkenal yang menjadi pembicara dealam seminar “Mukjizat Ilmiah Al-Qur’an Al-Karim”, DR Strogh yang juga begitu tersohor di kalangan badan Antariksa Amerika, NASA mengatakan, “ Kami telah melakukan berbagai penelitian terhadap sejumlah barang tambang bumi dan sejumlah penelitian laboratorium. Namun hanya satu jenis barang tambang yang sangat membingungkan para ilmuan, yaitu besi. Dari sisi kapasitasnya, besi memiliki bentuk (struktur) yang nik. Agar electron-elektron dan nitron-nitron dapat menyatu dalam unsure besi maka dia butuh energi yang luar biasa mencapai 4 kali lebih besar dari total energi yang ada di planet matahari kita.”

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru
 

Copyright 2013 Jendela Arsitektur Desain: Asal besi Template by CB Blogger Template. Powered by Blogger