Tuesday, June 18, 2013

Tips Membangun Rumah

Posted by Jhon Frie. Category:


Rumah, Semua orang akan mengatakan sebagai tempat berlindung dari panas,dingin,hujan dan lainnya. Siapa yang tidak menginginkan sebuah rumah yang nyaman sebagai tempat berlindung,dengan bangunan sesuai dengan desain dan selera. bertambahnya jumlah anggota keluarga tentu akan bertambah juga aktifitas keluarga,jika jumlah ruang dinilai sudah tidakmampu memenuhi kebutuhan mungkin perlu dilakukan renovasi berupa penambahan ruangan. Namun yang paling utama adalah membangun rumah sesuai dengan kemampuan keuangan, bagaimana jika keuangan yang dimiliki sangat terbatas? belum kendala lainnya seperti kenaikan harga bahan bangunan? Memang cukup kompleks masalah untuk membangun rumah, namun jika pembangunan direncanakan terlebih dahulu dengan baik maka segala halangan ini dapat teratasi.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merencanakan pembangunan rumah, baik membangun rumah baru maupun merenovasi rumah:
Estetika: Rumah setidaknya memiliki sebuah keindahan dalam bentuk,tidak hanya pada pemiliknya saja namun orang lain yang melihatnya juga merasa nyaman. 
Ekonomis: Bentuk dan ukuran struktur rumah sangat berpengaruh dengan besarnya biaya yang dikeluarkan, penggunaan bahan bangunan yang baik dan berkualitas akan membuat rumah lebih tahan lama.
Fungsi : Bentuk struktur rumah sebaiknya disesuaikan dengan fungsi kebutuhannya. Semakin banyak ruang tidak hanya menambah biaya membangun saja, namun juga pada pemeliharaannya.
Struktur : Struktur yang kokoh dan kuat akan memberikan rasa nyaman bagi pemilik rumah.
Dari uraian diatas terlihat bahwa membangun rumah memang butuh perencanaan yang matang karena jika ada kesalahan, mungkin biaya yang dikeluarkan bias bertambah banyak.Bagaimana memulai pembangunan rumah yang baik? Ada beberapa langkah-langkah awal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah, namun justru sering dilupakan:
Diskusikan dengan keluarga tentang rencana pembangunan ini.
Hal ini mungkin sering dilupakan. Jika rencana anda sudah didukung oleh keluarga tentunya mereka memiliki keinginan yang berbeda, ini berguna agar dalam pembangunan nantinya tidak ada perubahan yang menambah biaya.
Hubungi arsitek yang anda kenal baik.
Sampaikan rencana anda karena mereka lebih menguasai bagaimana membangun rumah yang sehat dan nyaman. Tanyakan pada arsitek secara detail sehingga anda paham apa yang akan dikerjakan nanti, biasanya arsitek akan membuat estimasi anggaran yang akan dikeluarkan nantinya sesuai dengan gambar desain.
Cari info harga terbaru tentang bahan bangunan yang diperlukan.
Carilah informasi yang akurat, bias dari kenalan anda, rekan kerja dan informasi lainnya, mungkin cara ini cukup membuat anda kelelahan karna harus survey harga bahan bangunan, namun ini adalah hal yang sangat penting, mengingat harga bahan bangnan yang cukup variatif
Mengurus perizinan.
Perizinan dalam pembangun rumah disebut IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Jika bangunan anda kurang dari 200 m2 maka izin ini dapat diurus ditingkat kecamatan, namun jika luasnya lebih 200 m2 izin ini bisa sampai ketingkat walikota. Seluruh persyaratan dan formulir yang diperlukan sudah dipersiapkan dikantor kecamatan dan walikota, dan pastikan segala kelengkapan yang diperlukan dipersiapkan sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►