Monday, June 25, 2012

KONSEP Go Green PON XVIII 2012 RIAU

Posted by Jhon Frie. Category:

 Dengan mengusung tema Go Green, penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau mengadopsi konsep hijau yang selama ini dikembangkan Unnes dengan gerakan konservasinya. Konsep hijau menjadi tuntutan dunia. “Ini bukan isu lokal, tapi tuntutan dunia. 

Konsep hijau atau go Green yang diusung Riau dalam penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012 dengan konsep bangunan dalam taman, lingkungan hijau akan menciptakan iklim harmonis di sekitar gedung. Meski ditumbuhi pohon, tapi sinar matahari tetap akan masuk ke gedung .

Konservasi penghijauan bukan hanya dilakukan di seluruh gedung venues dan kampus. Namun, penghijauan itu dilaksanakan diseluruh bangunan di Riau dan perumahan masyarakat. Berbagai jenis pohon dan bunga  di tanam dalam areal venues. Dengan tujuan dapat meciptakan udara sehat saat pelaksanaan olahrahga. CO2 yang dihasilkan juga semakin banyak bagi masyarakat di Riau.   Selain itu juga saat ini Riau sekarang ini gencar-gencarnya menjaga kelestarian lingkungan, mulai dari melakukan penghijauan,mempertahankan cagar biosfir, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi pemanasan global dan masalah lingkungan yang terjadi di dunia ini.
Semua lingkungan venue PON 2012 akan dibuat serta terlihat indah dan terasa hijau. Mulai dari pintu masuk sampai dengan areal gedung venues. Dengan harapan bisa menciptakan lingkungan asri dan hijau.
Konsep lingkungan yang dilakukan ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat dan instansi terkait di Riau. Termasuk daerah kabupaten/kota tempat pelaksanaan cabang olahraga yang bakal dipertandingkan, agar bisa menanam pohon.
Saat dunia membicarakan masalah konsep lingkungan, Riau sudah melakukannya lebih dulu. Konsep green PON sangat akan menjadi konsep penyelenggaraan olahraga di event nasional nantinya. 

Bangunan venues dengan konsep lingkungan hijau menjadi salah satu tujuan utama dalam pelaksanaan PON nantinya. Bukan hanya  prestasi yang dikejar, tapi lingkungan asri dan hijau yang bisa menyelamatkan dunia bisa dilakukan kedepannya.   Dalam kegiatan green PON ini Pemprov Riau Juga akan memberdayakan empat kampus besar di Riau diantaranya Universitas Riau (UR). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Univeristas Islam Riau, dan Universitas Lancang Kuning, venues -venues dibangun dilingkungan kampus tersebut, penghijauan dilakuka di areal bangunan kampus.Diharapkan nantinya venues berselimutkan pohon hijau. Suasana bisa asri dan dirasakan nyaman oleh tamu undangan serta peserta PON nanti. 

 Konsep green PON  bukan hanya pada penanaman pohon saja. Namun lanjutnya, lebih kepada menciptakan lingkungan sehat, nyaman, dan asri. Diseluruh pelosok kota dan bangunan gedung di Riau, khususnya Pekanbaru bakal dibuat nyaman dan terasa kesejukan alami.  

Provinsi Riau berupaya melakukan modernisasi pelaksanaan yang menyangkut venus, administrasi pelayanan dengan menggunakan Teknologi Informasi (IT). Modernisasi penyelenggaraan PON juga diharapkan untuk membudayakan perilaku hidup tertib dan menjaga kebersihan serta keamanan yang tercermin dalam konsep Green PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau. Green PON menyajikan program penghijauan, keindahan kota, menciptakan suasana asri dan nyaman di halaman dan lingkungan venus, hotel serta menambah kantong paru-paru kota. Selain itu juga diterapkan konsep green building dengan memaksimalkan ventilasi dan penerangan alami sehingga dapat lebih menghemat energi. 

The Green PON Riau diharapkan akan dapat berjalan secara lebih modern, aman dan lancar dalam kerangka prioritas untuk catur sukses yang telah ditekadnya, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, ekonomi kerakyatan dan promisi daerah.

Kedepannya di Tahun 2013 Riau juga akan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Islamic Solidarity Games,dimana pelaksanaan ISG di Riau akan berjalan dengan sukses dan lancar karena letak Riau sangat strategis dan berdekatan dengan regional asia lainnya sehingga gaung dan promosinya akan cukup besar, selain itu Riau mempunyai modal persiapan dan Infrastruktur olahraga pendukung karena ditahun 2012 Riau menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►