Saturday, June 22, 2013

Unsur-unsur Kebudayaan

Posted by Jhon Frie. Category:


Dari berbagai unsur kehidupan dapat disimpulkan bahwa kebudayaan merupakan hal yang luas karena kebudayaan merupakan hasil dari alam, pemikiran manusia dan tindakannya. Namun keanekaragaman tersebut dapat digolongkan menjadi sesuatu yang umum atau universal. Ada 7 unsur besar yang dapat disebut sebagai isi pokok disetiap kebudayaan, menurut Koentjaraningrat yaitu :
 Bahasa.
 Sistem pengetahuan.
 Organisasional.
 Sistem peralatan hidup dan teknologi.
 Sistem mata pencarian hidup.
 Sistem religi.
 Sistem kesenian.

Dalam butir keenam, religi dalam analisis Koentjaraningrat termasuk sistem kebudayaan universal. Hal ini dapat dipandang dari sudut religi yang merupakan sebagian dari kebudayaan karena merupakan keyakinan dan gagasan –gagasan tentang Tuhan dalam agama Indonesia seperti penyembahan dewa, ruh halus dan berbagai bentuk upacara yang terkait denagn sistem keyakinan tersebut. Namun dalam hal Islam religi bukanlah kebudayaan karena merupakan suatu ciptaan Ilahi/Tuhan bukan hasil karya manusia baik monument ataupun phenomena 

Penyebaran (difusi) unsur-unsur kebudayaan dapat berlangsung melalui perpindahan maupun datangnya kelompok-kelompok menusia dengan berbagai tujuan dan terjadilah penyebaran unsur-unsur kebudayaan. Sebagai contoh : Pedagang-pedagang Islam dari Arab, India, dan Gujarat secara langsung/tidak langsung telah menyebarkan kebudayaan Islam pada kelompok masyarakat yang mereka jumpai dalam kegiatan perdagangan mereka di nusantara pada abad 7 dan 8. Hubungan-hubungan pedagang tersebut dengan penduduk dikatakan hubungan symbolistik dari bahasa Inggris yang artinya hubungan serasi dari berbagai unsur 

Hal ini dapat dikatakan bahwa hubungan penduduk dengan Islam pada awal sejarah datangnya Islam ke nusantara adalah hubungan symbiotic dimana kedua kelompok dapat hidup berdampingan dengan aman dan saling menguntungkan dengan adanya perdagangan diantara mereka.
Namun dari hubungan tersebut terjadi juga semacam penerobosan kebudayaan dengan jalan damai atau penetrasi pacifique (penerobosan dengan dasar damai ). Dalam hal ini unsurunsur kebudayaan pendatang turut masuk kedalam kebudayaan.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►